Benarkah Childfree Haram? Benarkah Islam Mewajibkan Banyak Anak?

Ilustrasi. Childfree.
Sumber :
  • Pixabay / DigiPD

Mindset –Wacana childfree adalah wacana yang akhir-akhir ini mengemuka. Sebagian orang juga menautkan booming-nya wacana ini dengan resesi seks yang sedang menimpa banyak negara. 

Perdebatan tentang childfree dari berbagai sudut pandang juga banyak berlangsung di internet. Sebagian pihak mengatakan bahwa childfree boleh-boleh saja, hal tersebut merupakan sebuah pilihan. 

Akan tetapi sebagian pihak lain mengatakan sebaliknya. Bahkan ada juga yang mengatakan bahwa childfree haram karena bertentangan dengan tabiat umum manusia. 

Pihak yang kedua kerap menautkan pula haramnya wacana childfree dengan hadis populer bahwa Nabi memerintahkan umatnya untuk memiliki banyak anak. Dengan memiliki banyak anak maka dikatakan Nabi bisa membanggakan banyaknya umat beliau di hadapan nabi-nabi yang lain kelak pada Hari Kiamat

Di dalam Islam, perempuan subur atau yang  bisa memiliki banyak anak juga menjadi salah satu kelebihan yang membuat perempuan itu disarankan untuk dinikahi. Hal tersebut sebagaimana dikatakan dalam satu hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, Nasa’i, Ibnu Hibban, dan Hakim. 

Pertanyaannya kemudian, apakah karena adanya hadis tersebut maka umat Islam wajib memiliki anak? Jika memang wajib maka sebagai konsekuensinya childfree pun menjadi haram. 

Baca Juga