Hati-hati Sextortion! Instagram Perkenalkan Fitur Anti-Screenshot untuk Amankan Pesan Intim

Hati-hati Sextortion.
Sumber :
  • Ist

Mindset – Instagram baru saja meluncurkan fitur baru yang ditujukan untuk melawan ancaman "sextortion" atau pemerasan berbasis foto intim. Fitur ini berfungsi untuk mencegah pengguna mengambil tangkapan layar (screenshot) atau merekam layar dari pesan sementara yang dikirimkan melalui Direct Message (DM). 

Langkah ini diambil menyusul meningkatnya kasus sextortion yang sering menargetkan remaja dan dewasa muda di seluruh dunia. 

Instagram, yang dimiliki oleh Meta, mengumumkan bahwa mereka akan menggunakan teknologi canggih untuk mendeteksi tanda-tanda perilaku penipuan. 

Pengguna yang terdeteksi melakukan aktivitas mencurigakan, terutama yang berusaha mendekati remaja, akan dibatasi kemampuannya untuk berinteraksi dengan mereka. 

Salah satu langkah penting yang diambil adalah membatasi akses akun-akun mencurigakan terhadap daftar "Mengikuti" dan "Pengikut" dari target mereka, sehingga meminimalisir potensi eksploitasi.

Fitur ini juga secara otomatis akan diaktifkan bagi pengguna di bawah usia 18 tahun, dengan menambahkan peringatan untuk foto atau video yang dianggap mengandung konten sensitif, seperti nudity (ketelanjangan). 

Dengan demikian, Instagram berupaya memberikan perlindungan tambahan bagi para pengguna mudanya yang sering menjadi target utama pelaku kejahatan siber.