Mengapa Suzuki Bisa Jadi Raja di India, Tapi Terpuruk di Indonesia?

Suzuki XL7 vs Ertiga Hybrid, Pilih SUV Gagah atau MPV Irit?
Sumber :
  • Suzuki

Jakarta, Mindset – Mengapa Suzuki bisa sukses besar di India, tetapi kesulitan bersaing di Indonesia? Artikel ini membahas perbedaan strategi Suzuki di kedua negara dan faktor-faktor yang memengaruhi nasibnya di pasar otomotif.

Suzuki adalah merek otomotif Jepang yang dikenal di berbagai belahan dunia. Namun, yang menarik, Suzuki memiliki nasib yang sangat berbeda di India dan Indonesia.

Di India, Suzuki—melalui Maruti Suzuki—mendominasi pasar otomotif dengan pangsa lebih dari 45%, sedangkan di Indonesia, Suzuki terus berjuang untuk bertahan di antara dominasi merek Jepang lainnya seperti Toyota, Honda, dan Yamaha.

Lalu, apa yang membuat Suzuki bisa merajai pasar India tetapi justru kesulitan di Indonesia?

Sejarah Suzuki di India: Keputusan Tepat di Waktu yang Tepat

Kesuksesan Suzuki di India tidak terjadi dalam semalam. Pada tahun 1982, Suzuki bekerja sama dengan pemerintah India untuk mendirikan Maruti Udyog Ltd (sekarang Maruti Suzuki).

Langkah ini sangat strategis karena saat itu India sedang mencari mitra asing untuk mengembangkan industri otomotifnya.