Menghadapi Masalah Hidup dengan Stoikisme: Pelajaran dari Filosofi Teras

Menghadapi Masalah Hidup dengan Stoikisme.
Sumber :
  • Ist

MindsetStoikisme, sebagai filsafat kuno dari Yunani, kembali populer di tengah kehidupan modern yang penuh tantangan. Banyak orang merasa terjebak dalam masalah hidup dan sering kali dikuasai oleh emosi negatif seperti stres, cemas, dan takut. 

Namun, filosofi stoikisme yang diajarkan dalam buku Filosofi Teras karya Henry Manampiring menawarkan solusi praktis untuk menghadapi kehidupan yang tak terhindarkan dari masalah.

Apa Itu Stoikisme?

Stoikisme adalah filosofi yang menekankan pada penerimaan dan pengendalian diri terhadap apa yang ada di luar kendali kita. 

Seorang stoik percaya bahwa kebahagiaan sejati hanya bisa dicapai melalui pengendalian diri dan fokus pada hal-hal yang dapat kita kendalikan, bukan apa yang terjadi di luar diri kita.

Menurut Epiktetus, salah satu filsuf Stoik terkenal, "Ada hal-hal yang berada di bawah kendali kita, dan ada hal-hal yang tidak." 

Filosofi ini menyadarkan kita bahwa banyak masalah dalam hidup kita terjadi karena kita terlalu fokus pada hal-hal di luar kendali, seperti opini orang lain atau peristiwa di masa lalu.