Kopi Golondong Khas Situs Lengkong Ciilat

Kopi Golondong
Sumber :
  • AOG Sukadana

Mindset – Menyeduh kopi adalah booster paling cocok bagi kawan mindset yang akan memulai aktivitasnya di pagi hari. Kopi akan memberikan sensasi semangat dan perasaan nyaman yang membuat kita semakin bergairah. Berbagai macam cara menyeduh kopi di dunia ini, di Indonesia kita mengenal kopi tubruk, kopi godog, dll.

Setiap cara memiliki kenikmatan dan rasa khas tersendiri, hal itu menjadikan tujuan para “petualang” kopi. Dari pelosok Tatar Galuh Ciamis terdapat kopi khas yang dibuatnya pun hanya satu tahun sekali pada sebuah acara ritual sakral yaitu Merlawu di Situs Lengkong. Tepatnya di Dusun Ciilat Desa Sukadana Kecamatan Sukadana Kabupaten Ciamis. Kopi tersebut oleh warga disebut dengan “Kopi Golondong atau Kopi Godog”.

Kopi Golondong dibuat oleh juru kunci Situs Lengkong setiap bulan Muharram dan Maulud pada acara Merlawu. Situs Lengkong adalah komplek makam kuno yang makam utamanya adalah Dalem Lengkong, menurut Abdul Sukur (12/06/2015) selaku sesepuh Dusun Ciilat, Dalem Lengkong memiliki nama asli Cakradita, ia berasal dari Panjalu, jadi kenapa dinamai Situs Lengkong karena diidentikan denga nasal daerah sang Dalem yaitu dari Lengkong, Panjalu.

Situs ini berada di pinggir jalan jalur Ciilat-Cisaga, Dusun Ciilat RT 016 RW 008 Desa Sukadana Kecamatan Sukadana Kabupaten Ciamis tepat di perbatasan antara Desa Margaharja dan Desa Sukadana. Di sebelah selatan Situs Lengkong juga terdapat Situs Bujangga, “dulu di Bujangga juga sering diadakan Merlawu tapi kesininya jarang” ujar A. Sukur.

Di Situs Lengkong rutin diadakan Merlawu setiap bulan Maulud dan bulan Muharram, tepatnya antara hari Senin atau Kamis. Upacara Adat tersebut dihadiri oleh warga Dusun Ciilat dan Dusun Sukamanah terutama bagi keluarga/leluhurnya yang dimakamkan disekitar komplek pemakaman Lengkong. Upacara Adat Merlawu diawali dengan bersih-bersih makam, dilanjutkan dengan tawasulan atau mendoakan para almarhum/almarhumah, lalu makan bersama untuk mengobati Lelah setelah bersih-bersih.

Kopi Golondong

Kopi Golondong

Photo :
  • AOG Sukadana