Inovasi Cold Storage, Membawa Pemkab Ciamis Meraih Peringkat 3 Pada Anugerah Pinunjul se-Jabar

Bupati Ciamis menerima penghargaan dari Gubernur Jabar.
Sumber :
  • Prokopim Setda Kab. Ciamis

Mindset – Pemerintah Kabupaten Ciamis meraih penghargaan sebagai Kabupaten Kota terbaik ke-3 se Jawa Barat dalam Program Inflasi Unggulan Juara Lahir Batin (Pinunjul). Penghargaan tersebut masuk dalam kategori Kabupaten Kota non Indeks Harga Konsumen. 

Penyerahan penghargaan diberikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kepada Bupati Ciamis Herdiat Sunarya pada agenda West Java Annual Meeting Tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Intercontinental Bandung, Senin (19/12/2022). 

Sebagaimana dilansir dalam rilis resmi Prokopim Setda Kabupaten Ciamis menjelaskan, penghargaan yang diberikan atas inovasi Pemkab Ciamis dengan program Cold Storage-nya. 

Dengan inovasi cold storage, Pemkab Ciamis dinilai mampu menjaga stabilitas harga dan ketersediaan ayam ras. 

Lebih lanjut, dalam rilis tersebut menerangkan, latar belakang lahirnya Cold Storage di Ciamis berawal dari situasi pandemi Covid-19 yang membuat para peternak ayam merugi. 

Dampak pandemi khususnya pada sektor peternakan ayam menyebabkan banyak pengusaha dan peternak merugi. Kerugian tersebut diakibatkan pembatasan aktivitas masyarakat dalam upaya pengendalian penyebaran Covid-19. 

Para pengusaha ayam Kabupaten Ciamis terpaksa menjual murah ternaknya. Hal ini dilakukan karena pada saat awal pandemi Ciamis belum tersedia tempat penyimpanan daging ayam skala besar.