Jangan Salah Timing, TikTok Punya Prime Time

Tampilan Tiktok di Smartphone.
Sumber :
  • Unplash.com

Mindset – TikTok adalah salah satu media sosial yang mengalami peningkatan jumlah pengguna paling cepat. Laporan We Are Social pada awal tahun 2022 misalnya menunjukkan peningkatan jumlah pengguna TikTok lebih dari 650.000 pengguna baru selama 3 bulan terakhir. Artinya, TikTok mengalami peningkatan jumlah pengguna baru rata-rata 8 orang per detik. 

Viral Video 40 Detik Ungkap Perselingkuhan Pilot dengan Pramugari: Discord Jadi Media Selingkuh!

TikTok memang menyediakan banyak fitur menarik dan user-friendly. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika penggunanya hampir merata baik dari kalangan perkotaan ataupun penduduk yang tinggal di pedesaan. 

Citra bahwa TikTok untuk semua kalangan itu membedakannya dengan media sosial lain seperti Instagram dan Twitter. Instagram cenderung digunakan oleh kalangan menengah ke atas dengan gadget yang memiliki spek tinggi. Adapun Twitter cenderung menyodorkan isu-isu trending level nasional atau internasional. 

Dibalik Video Viral Aprilia TKW Taiwan di Media Sosial, Kronologi Tersebar dari WhatsApp - Twitter

Meskipun demikian, mudahnya menggunakan TikTok tidak berarti semua orang sukses menggapai popularitas di sana. Setiap media sosial memiliki ekosistem sendiri yang harus pengguna pahami jika mereka ingin sukses menggapai popularitas. 

Demikian juga halnya dengan TikTok. Sebagai media yang menayangkan video-video pendek dengan fitur tambahan musik latar belakang, pemilihan musik ataupun tagar untuk unggahan video di TikTok jelas sangat memengaruhi daya tayang dan daya sebar video yang diunggah. 

Yasirli Amri, Pendaki Wanita Viral yang Dipenuhi Abu Erupsi Gunung Marapi Dikabarkan Meninggal

Selain itu, ada satu hal lain yang juga harus diperhatikan oleh pengguna TikTok, yaitu waktu mengunggah video. Seluruh pengguna media sosial memiliki pola umum yang disebut sebagai social media habits. Sebagai konsekuensi dari pola umum tersebut, setiap media sosial memiliki prime time sendiri, termasuk TikTok. 

Prime Time TikTok

Prime time merujuk pada kebiasaan pengguna sosial media untuk mengakses sosial media mereka pada waktu terkait. Dengan kata lain, jika kita mengunggah video kita di TikTok pada saat prime time TikTok, video kita memiliki peluang yang lebih besar untuk tersebar dan ditonton oleh banyak orang sehingga bahkan bisa menjadi video viral

Prime time TikTok berbeda setiap harinya. Selengkapnya sebagai berikut:

  1. Senin, pukul 12.00 dan 13.00.
  2. Selasa, pukul 15.00, 19.00, dan 21.00
  3. Rabu, pukul 11.00, 20.00, dan 21.00
  4. Kamis, pukul 12.00, 16.00, 19.00, dan 21.00
  5. Jumat, pukul 11.00, 12.00, 19.00, dan 22.00
  6. Sabtu, pukul 09.00, 11.00, 19.00, dan 21.00
  7. Minggu, pukul 07.00, 08.00, 11.00, 16.00, 19.00, dan 21.00

Untuk memudahkan mengingat, penting dipahami logika dari penyusunan prime time tersebut. Pertama, prime time sangat tergantung pada aspek hari aktif atau hari libur dengan Senin sebagai puncak hari aktif dan Minggu sebagai puncak hari libur. Semakin mendekati hari Minggu, semakin banyak kesempatan yang bagus untuk mengunggah video TikTok. 

Waktu Instrirahat Siang Banyak Pengguna Tiktok Aktif

Kedua, karena TikTok merupakan media yang tujuan utamanya untuk hiburan, maka orang cenderung mengaksesnya pada saat-saat bersantai. Oleh karena itu jam istirahat siang merupakan waktu yang sangat bagus untuk mengunggah video TikTok. 

Namun, perlu diperhatikan juga bahwa saat-saat bersantai yang biasa orang gunakan untuk berkumpul bersama keluarga justru bukan saat yang bagus untuk mengunggah video TikTok. Sebaiknya video diunggah pada saat orang-orang diperkirakan sedang bersantai sendiri.