Jangan Salah Timing, TikTok Punya Prime Time
- Unplash.com
Mindset – TikTok adalah salah satu media sosial yang mengalami peningkatan jumlah pengguna paling cepat. Laporan We Are Social pada awal tahun 2022 misalnya menunjukkan peningkatan jumlah pengguna TikTok lebih dari 650.000 pengguna baru selama 3 bulan terakhir. Artinya, TikTok mengalami peningkatan jumlah pengguna baru rata-rata 8 orang per detik.
TikTok memang menyediakan banyak fitur menarik dan user-friendly. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika penggunanya hampir merata baik dari kalangan perkotaan ataupun penduduk yang tinggal di pedesaan.
Citra bahwa TikTok untuk semua kalangan itu membedakannya dengan media sosial lain seperti Instagram dan Twitter. Instagram cenderung digunakan oleh kalangan menengah ke atas dengan gadget yang memiliki spek tinggi. Adapun Twitter cenderung menyodorkan isu-isu trending level nasional atau internasional.
Meskipun demikian, mudahnya menggunakan TikTok tidak berarti semua orang sukses menggapai popularitas di sana. Setiap media sosial memiliki ekosistem sendiri yang harus pengguna pahami jika mereka ingin sukses menggapai popularitas.
Demikian juga halnya dengan TikTok. Sebagai media yang menayangkan video-video pendek dengan fitur tambahan musik latar belakang, pemilihan musik ataupun tagar untuk unggahan video di TikTok jelas sangat memengaruhi daya tayang dan daya sebar video yang diunggah.
Selain itu, ada satu hal lain yang juga harus diperhatikan oleh pengguna TikTok, yaitu waktu mengunggah video. Seluruh pengguna media sosial memiliki pola umum yang disebut sebagai social media habits. Sebagai konsekuensi dari pola umum tersebut, setiap media sosial memiliki prime time sendiri, termasuk TikTok.