Keutamaan Tarawih Malam ke 9, Mengkopi Ibadah Nabi Muhammad Saw?

Ilustrasi Nabi Muhammad Pembawa Cahaya Islam
Sumber :
  • freepik.com

Mindset –Setelah menjalani puasa Ramadhan 8 hari, malamnya umat Islam menunaikan salat tarawih yang ke 9. Sebagaimana malam-malam lainnya, tarawih malam ke 9 pun memiliki keutamaan khusus. 

5 Hal tentang Jalaluddin al-Suyuthi, Ulama yang Dikutip dalam Sidang MK Pilpres 2024

Keutamaan tarawih malam ke 9 mirip dengan keutamaan malam ke 7 dan malam ke 8. Pada malam ke 7 maka Nabi yang dijadikan takaran keutamaan tarawih adalah nabi Musa.

Kemudian pada malam ke 8, Nabi yang dijadikan takaran keutamaan tarawih adalah Nabi Ibrahim. Kedua nabi tersebut memiliki derajat khusus di sisi Allah Swt. karena mereka berdua termasuk rasul Ulul Azmi

Hadis Semangka, Ternyata Bagus dimakan Bersama Kurma atau Jahe

Sementara itu, keutamaan tarawih malam ke 9 lebih istimewa lagi. Dikatakan dalam hadis yang diriwayatkan bersumber dari Ali bin Abi Thalib bahwa orang yang melaksanakan tarawih malam ke 9 maka seolah-olah dia menyembah Allah Swt. sebagaimana ibadah Nabi Muhammad Saw

Tidak tanggung-tanggung bukan, Sobat Mindset? Bayangkan, Nabi Muhammad Saw. Nabi penutup yang menjadi imam para Nabi. Satu-satunya Nabi yang mampu memberikan syafaat bagi umatnya di Hari Kiamat kelak. 

8 Pintu Surga dan 8 Golongan yang Berhak Masuk Menurut Kitab Nusantara

Ilustrasi Tangga Menuju Surga

Photo :
  • Pixabay / Tumisu

Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa menjalani salat tarawih setiap malam adalah menapaki tangga keutamaan tarawih, tangga menuju surga. Sebagaimana lazimnya sebuah tangga, semakin lama keutamaan tersebut semakin naik. 

Halaman Selanjutnya
img_title