Modifikasi Motor Ngabers, Kenapa Aerox Lebih Gampang Dibikin Ganteng?
Mindset – Ngabers merupakan istilah yang merujuk pada komunitas anak motor, khususnya pengguna motor matic yang memiliki ciri khas tertentu, seperti knalpot bobokan, lampu kelap-kelip, ban donat, serta sering nongkrong dalam komunitas.
Dalam hierarki dunia ngabers, motor juga memiliki kastanya sendiri. Motor matic dengan harga terjangkau seperti Honda Beat atau Mio berada di kasta terendah, sementara kasta tertinggi diisi oleh motor ber-cc besar seperti Honda Vario 160 dan Yamaha Aerox 155.
Namun, di antara kedua motor top tier ngabers ini, Aerox sering kali dianggap lebih unggul, terutama dalam hal modifikasi. Kenapa demikian? Berikut ulasannya.
Desain Sporty yang Menarik Perhatian
Salah satu alasan utama mengapa Yamaha Aerox lebih mudah dimodifikasi dibandingkan Vario 160 adalah desainnya yang sudah sporty sejak bawaan pabrik.
Dengan bodi yang aerodinamis dan agresif, Aerox memberikan kesan anak muda yang dinamis dan enerjik.
Sebaliknya, desain Honda Vario 160 lebih kalem dan elegan, cenderung cocok untuk pengguna yang lebih dewasa.
Jika diperhatikan, bahkan dalam kondisi standar, Aerox sudah terlihat sporty dan keren, sementara Vario 160 perlu beberapa sentuhan agar terlihat lebih menarik.
Ini membuat Aerox lebih mudah dimodifikasi tanpa perlu banyak ubahan drastis.
Performa dan Fitur: Aerox vs Vario 160
Secara performa, Aerox dan Vario 160 memiliki spesifikasi yang hampir setara. Aerox menggunakan mesin 155 cc dengan tenaga maksimal 11,3 kW dan torsi 13,9 Nm, sementara Vario 160 memiliki mesin 156,9 cc dengan tenaga 11,3 kW dan torsi 13,8 Nm. Meskipun Vario lebih unggul dalam kecepatan, banyak anak motor tetap memilih Aerox karena aspek lain yang lebih mendukung modifikasi.
Dari segi fitur, kedua motor ini menawarkan teknologi yang hampir sama, seperti pencahayaan LED, panel instrumen digital, dan sistem kunci keyless.
Namun, Vario 160 memiliki keunggulan pada sistem pengereman dengan rem cakram depan-belakang, sementara Aerox masih menggunakan rem tromol di bagian belakang.
Di sisi lain, Aerox lebih unggul dengan suspensi ganda bertabung yang memberikan kenyamanan lebih dibandingkan suspensi tunggal pada Vario.
Modifikasi Lebih Fleksibel dengan Aerox
Keunggulan utama Aerox sebagai motor ngabers adalah kemudahannya dalam dimodifikasi.
Baik modifikasi simpel seperti ceperin sedikit dan ganti velg, atau modifikasi ekstrim dengan body custom, Aerox tetap terlihat keren.
Hal ini karena desainnya yang sudah sporty dari awal, sehingga tidak perlu banyak ubahan untuk mendapatkan tampilan yang lebih agresif.
Sementara itu, modifikasi Vario 160 lebih menantang. Desainnya yang lebih elegan membuatnya membutuhkan perubahan lebih banyak agar bisa terlihat seperti motor anak muda.
Tidak cukup hanya dengan mengganti velg atau menurunkan suspensi, pemilik Vario sering kali harus melakukan ubahan besar agar motornya terlihat lebih "ngabers".
Aerox Memang Lebih Unggul untuk Ngabers
Walaupun dari sisi performa dan fitur kedua motor ini cukup seimbang, Yamaha Aerox lebih unggul dalam dunia ngabers karena desainnya yang mendukung modifikasi dengan mudah.
Dengan sedikit sentuhan saja, Aerox sudah bisa tampil lebih keren dibandingkan Vario yang membutuhkan lebih banyak usaha.
Namun, pemilihan motor tetap bergantung pada preferensi masing-masing. Baik Aerox maupun Vario 160 adalah pilihan yang baik, tergantung pada selera, kebutuhan, dan gaya hidup penggunanya. Yang pasti, dalam dunia ngabers, Yamaha Aerox saat ini masih menjadi pilihan utama karena fleksibilitasnya dalam modifikasi dan desainnya yang sudah sporty sejak awal. *AT