Revolusi Persalinan Caesar, Mengenal Metode Enhanced Recovery After Caesarean Surgery ‘ERACS’

Ilustrasi dokter mengecek kondisi kandungan ibu hamil.
Sumber :
  • Freepik

Mindset – Pada abad ke-21, perkembangan ilmu kedokteran terus menghadirkan terobosan baru dalam upaya meningkatkan kualitas perawatan kesehatan, termasuk dalam proses persalinan. Salah satu terobosan yang menonjol adalah Enhanced Recovery After Surgery (ERAS), sebuah konsep yang menggabungkan berbagai bukti berbasis penelitian untuk mempercepat pemulihan pasien setelah operasi.

Hukum Suntik Saat Puasa? Ini 3 Pendapat Berbeda Para Ulama Fiqh

Meskipun pertama kali diperkenalkan untuk operasi reseksi sigmoid pada tahun 1997. Konsep ERAS kini telah merambah ke berbagai bidang. Termasuk bidang kebidanan dengan munculnya Enhanced Recovery After Caesarean Surgery (ERACS).

ERACS telah membawa revolusi dalam prosedur persalinan caesar dengan memperkenalkan pendekatan yang lebih holistik dan terfokus pada pemulihan cepat bagi ibu dan bayi.

Mengapa Kurma Jadi Pilihan Saat Berbuka Puasa Ramadan? Ternyata Khasiatnya Luar Biasa

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Obstetric and Anesthesia and Critical Care, metode ERACS menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan dengan prosedur persalinan caesar konvensional.

Keunggulan Operasi Caesar dengan Metode ERACS 

Ilustrasi Bayi

Photo :
  • Pixabay / TawnyNina
Tren TikTok 'Hahu Hoheng' Dapat Picu Kanker Esofagus, Apa Faktanya?

Salah satu keunggulan utama dari metode ERACS adalah pengelolaan yang terintegrasi dari tim medis yang terdiri dari spesialis kebidanan dan kandungan, anestesiologis, dokter anak, bidan, perawat, dan ahli gizi.

Halaman Selanjutnya
img_title