1 Juni Hari Lahir Pancasila, Pidato Bung Karno Asal-Usulnya

Hari Lahir Pancasila
Sumber :
  • freepik.com

Mindset –Setiap tanggal 1 Juni kita memperingati Hari Besar, yaitu Hari Lahir Pancasila. Pancasila sendiri merupakan dasar negara kita, Indonesia. 

3 Buku Biografi Budiman Sudjatmiko, Salah Satunya Diadaptasi Jadi Komik

Indonesia merdeka secara de jure sejak Proklamasi 17 Agustus 1945. Pada saat proklamasi itu dibacakan oleh Bung Karno, Pancasila sudah lahir terlebih dahulu.

Akan tetapi tahukah Sobat Mindset bahwa penetapan tanggal 1 Juni sebagai hari besar nasional kita terjadi belum lama ini?

6 Fakta Menarik Budiman Sudjatmiko, Mengalami Cinta Pertama dalam Penjara

Penetapan tanggal 1 juni sebagai salah satu hari besar nasional, yaitu Hari Lahir Pancasila baru dilakukan tahun 2016. Yaitu melalui Keputusan Presiden RI No. 24 Th. 2016. 

Mengapa kita terlambat setengah abad untuk memperingati momen bersejarah tersebut bisa ada banyak alasan. Salah satunya pengerdilan sosok Bung Karno di era Orde Baru.

7 Juli 2023 Hari Pustakawan Nasional, Berawal dari 30 Tahun Lalu

Maka Orde Baru menghalangi segala upaya apa pun yang memungkinkan sosok Bung Karno kembali muncul.

Daripada memperingati Hari Lahir Pancasila, Orde Baru lebih memilih memperingati Hari Kesaktian Pancasila karena dalam sejarah tentang tragedi 30 September 1965 bisa diselipkan wacana pengerdilan sosok Bung Karno dan sebaliknya pengagungan sosok Soeharto. 

Halaman Selanjutnya
img_title