Sampai Dipecat dari Sekolah, Berikut Alasan Guru Cirebon Gunakan Kata 'Maneh' kepada Ridwan Kamil

Guru honorer di Cirebon dipecat usai komentar kata 'Maneh' di IG RK.
Sumber :
  • VIVA & Instagram Ridwan Kamil

Bandung, MindsetRidwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, menjadi bahan perbincangan di media sosial karena kontroversi dengan seorang guru asal Cirebon, Jawa Barat. Buntut dari komentar yang menyertakan kata 'Maneh' di postingan Ridwan kamil ini membut Muhammad Sabil Fadilah guru honorer di Cirebon dipecat. 

Harga Tiket dan Jam Buka Nicole's River Park, Destinasi Wisata Instagramable di Bogor

Sebagaimana diketahui, Sabil menggunakan kata "maneh" dalam komentarnya saat Ridwan Kamil melakukan Zoom Meeting dan mengenakan jas warna kuning.

Namun, penggunaan kata "maneh" dalam bahasa Sunda informal yang kurang sopan untuk digunakan pada Ridwan Kami yang lebih tua darinya, membuat komentarnya menjadi bahan hujatan.

Video Ibu dan Anak Baju Biru Durasi 7 Menit Viral di TikTok -Telegram, Link Download Diburu Warganet

Sabil, yang ternyata pernah bertemu dengan Ridwan Kamil secara langsung, menjelaskan alasannya menggunakan kata "maneh" saat mengkritik gubernur tersebut.

Menurutnya, Ridwan Kamil adalah sosok yang ramah dan akrab dengan para pengikutnya di media sosial.

6 Fakta DoodStream, Sering Disalahgunakan untuk Share Video Asusila

Lebih lanjut Sabil menjelaskan, dalam bahasa Sunda terdapat tiga tingkatan yang dapat digunakan sebagai kata ganti "kamu" saat berkomunikasi dengan seseorang.

''Yang saya tahu dalam Bahasa Sunda ada tiga tingkatan untuk kata ganti 'kamu'. Kata yang paling sopan itu Anjeun, terhadap sesama (teman dekat) itu 'Maneh', dan yang paling kasar itu 'Sia'," kata Sabil.

Halaman Selanjutnya
img_title