20 Universitas Terbaik di Indonesia 2023 Versi SIR, Referensi Pilihan Kampus UTBK SNBT

20 Universitas Terbaik di Indonesia 2023 Versi SIR.
Sumber :
  • MindsetVIVA

Edu, MindsetUniversitas Terbaik di Indonesia 2023 telah dirilis oleh SCImago Institutions Rankings (SIR) melalui laman resminya. Simak kampus mana saja yang masuk ranking SIR sebagai pertimbangan pilihan kampus untuk seleksi UTBK SNBT nanti.

Profil Melki Sedek Huang, Ketua BEM UI yang Dicopot Gegara Tuduhan Pelecehan Seksual: Agama, Akun IG

SIR merupakan lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia. Lembaga ini telah mempublikasikan daftar universitas terbaik tahun 2023. Dalam daftar tersebut, terdapat 59 institusi dari Indonesia yang berhasil masuk dalam pemeringkatan SIR.

Menurut penjelasan di situs SCImago, daftar pemeringkatan SIR didasarkan pada tiga rangkaian indikator berbeda yang digabungkan menjadi indikator komposit, yakni Research sebesar 50%, Innovation sebesar 20% dan Societal sebesar 20%.

Ambiguitas Relawan Pada Praktik Politik Uang di Pemilu 2024

Untuk indikator penelitian (Research) pada SIR menggunakan beberapa indikator seperti Scientific Leadership (L), Not Own Journals (NotOJ), Own Journals (OJ), Open Access (OA), dan Scientific Talent Pool (STP), Excellence (Exc), High Quality Publications (Q1), Normalized Impact (NI), Excellence with Leadership (EwL), Output (O), International Collaboration (IC).

Sementara itu, untuk indikator Innovation yang digunakan adalah Innovative Knowledge (IK), Technological Impact (TI), Patents (PT). Sedangkan pada Societal, indikator yang digunakan adalah Altmetrics (AM), Web Size (WS) dan  Inbound Links (BN), .

Profil & Biodata Ade Armando, Agama, Akun Instagram, Pendidikan, Usia Sampai Riwayat Karir

Pada tahun ini, terdapat hal baru dalam penomoran peringkat institusi oleh SIR. Pada Sistem penomoran baru ini mempertahankan peringkat numerik yang sama ketika institusi memiliki nilai indikator yang sama, dan hanya melompati peringkat sebanyak institusi yang terikat. 

Halaman Selanjutnya
img_title