6 Sebab Rusaknya Lingkungan menurut Islam, Renungan Hari Peduli Sampah 2023

Ilustrasi Sampah
Sumber :
  • Unsplash @hermez777

MindsetHPSN atau Hari Peduli Sampah Nasional diperingati tiap tanggal 21 Februari. Di Indonesia, penetapan salah 1 hari besar nasional tersebut dipicu oleh tragedi mengerikan terkait sampah yang disebut Tragedi Leuwigajah

Dalam tragedi di Cimahi tahun 2005 tersebut, terjadi sampah longsor yang menyebabkan korban jiwa 157 orang. Selain itu, peristiwa tersebut juga menyebabkan 2 pemukiman hancur, Kampung Cilimus dan Kampung Pojok. 

Menangani sampah dengan benar merupakan salah 1 cara untuk mencegah rusaknya lingkungan. Ada hal-hal lain yang juga harus kita waspadai terkait lingkungan. 

Dalam pandangan seorang ulama besar Islam, Prof. Dr. Yusuf al-Qaradawi, ada 6 sebab lingkungan rusak. Berikut 6 sebab tersebut sebagaimana disarikan dari karya beliau Ri’ayatul Biah fi Syari’atil Islam

1. Mengubah Ciptaan Allah

Mengubah ciptaan Allah Swt. artinya manusia keluar dari fitrahnya. Manusia diciptakan untuk menjadi pengelola bumi, tetapi manusia kemudian menyimpang dari fitrah tersebut dan memilih menjadi konsumen. 

Bukannya membangun, manusia justru malah mengeruk sumber daya alam dengan seenaknya. Air dicemari limbah, sampah-sampah tidak dikelola dengan baik sehingga membahayakan kehidupan.