Baznas Ciamis Jadi Inspirasi Baitul Mal Aceh Selatan dalam Pengelolaan Zakat

Ketua Baznas Ciamis sharing pengalaman pengelolaan zakat di Ciamis,
Sumber :
  • Tony

Ciamis, Mindset – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Ciamis kembali membuktikan perannya sebagai pionir dalam pengelolaan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) yang efektif dan berdampak positif bagi masyarakat. Keberhasilan ini menarik perhatian berbagai pihak, termasuk Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan yang dipimpin oleh Penjabat (Pj) Bupati, Cut Syazalisma, dalam kunjungan studi tiru ke Baznas Ciamis, Kamis (19/9/2024).

Kunjungan tersebut bertujuan untuk mempelajari praktik terbaik Baznas Ciamis dalam mengelola ZIS, yang diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi Baitul Mal Aceh Selatan.

"Kami melihat bagaimana Baznas Ciamis berhasil mengelola ZIS untuk kemaslahatan umat. Harapannya, dengan penyesuaian, program ini dapat diimplementasikan di Aceh Selatan, terutama di tingkat desa atau kampung," ujar Cut Syazalisma.

Kunci Sukses Baznas Ciamis dalam Mengelola Zakat

Baznas Ciamis menjadi salah satu contoh nyata bagaimana zakat dapat dikelola secara profesional dan transparan.

Ketua Baznas Ciamis, H. Lili Miftah, M.BA, menjelaskan bahwa pihaknya telah mengembangkan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di 265 desa dan kelurahan di Kabupaten Ciamis, yang memungkinkan proses penghimpunan zakat menjadi lebih mudah dan terstruktur.

Tingkat kesadaran masyarakat terhadap pentingnya ZIS pun meningkat hingga 70 persen.